Warren Buffet Jual Seluruh Sahamnya di Industri Penerbangan: Masa Depan Sektoral Suram?

Warren Buffet (Foto: Mark Hirschey, Wikipedia)

Sebuah berita mengejutkan masuk ke meja redaksi malam ini. Warren Buffet, salah satu investor yang selalu menjadi acuan di dunia keuangan, melepaskan semua sahamnya di industri penerbangan. Bagi yang kurang memahami siapa Warren Buffet, beliau bukanlah investor yang sekedar membeli saham demi mencari capital gain. Buffet adalah investor yang hanya berinvestasi dengan tujuan memiliki perusahaan tersebut. Ketika beliau membeli saham sebuah perusahaan, beliau memang benar-benar ingin memiliki perusahaan itu untuk jangka waktu panjang. Maka, ketika Mr. Buffet menjual semua sahamnya di industri penerbangan, itu artinya beliau beserta tim Berkshire Hathaway Inc-nya menganggap bahwa masa depan industri ini begitu suram.




Memulai karir bisnisnya di tahun 1951, Buffet selalu menghindar berinvestasi di bidang penerbangan. Baru di tahun 2016 akhirnya dirinya memutuskan untuk masuk. Ironis, karena hanya empat tahun berselang Buffet harus melakukan cut loss. Meski harus menderita kerugian besar, sepertinya bagi Mr. Buffet ini masih lebih baik daripada berusaha mempertahankannya.

Jadi, apa yang bisa kita prediksi dari fakta ini. Pertama, industri penerbangan akan suram dalam jangka waktu yang cukup panjang. Mengapa suram? Mungkin Mr. Buffet memprediksi bahwa pandemi corona ini akan berlangsung lama. Kalau wabah ini akan berlalu cepat, tentu recovery di sektor ini akan juga berlangsung cepat. Jadi, prediksi kedua adalah pandemi corona mungkin akan bersama kita dalam waktu yang cukup lama. Prediksi ketiga adalah industri pariwisata kemungkinan akan sangat remuk. Tanpa penerbangan, pasar yang dapat dilayani oleh industri pariwisata akan sangat terbatas.

Bagaimana dengan perekonomian secara keseluruhan? Apakah akan ikutan remuk? Yang Kayak gini kok masih ditanya…..

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas economagz.id.




Posts created 25

Satu tanggapan pada “Warren Buffet Jual Seluruh Sahamnya di Industri Penerbangan: Masa Depan Sektoral Suram?

  1. Secara bisnis, penerbangan memang bukan sektor yang menarik. Butuh modal besar, persaingannya berat, dan secara harga sudah diatur sedemikian rupa. Alhasil keuntungan pun tidak terlalu menggembirkan. Saya pribadi sangat menghindari sektor penerbangan kalau untuk keperluan investasi saham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas