Penyelidikan Sampel Darah Indikasikan Virus Covid-19 Sudah Masuk Italia Sejak September 2019

Kota Milan (Foto: Riccardo Bresciani/Pexels)

Saat ini ada kehebohan di media-media internasional. Sebuah studi yang dilakukan oleh National Cancer Institute (NCI), lembaga penelitian yang berada di Milan, menunjukkan bahwa empat sampel darah yang diambil Oktober 2019 memiliki antibodi Covid-19. Itu artinya, ada kemungkinan Covid-19 sudah memasuki Italia pada September 2019. Sebelumnya, para peneliti memang sudah melaporkan adanya lonjakan kasus pneumonia dan flu di kawasan Lombardy pada kuartal akhir 2019.

Temuan ini tentu menimbulkan tanda tanya. Asumsi yang saat ini dipegang oleh semua orang adalah virus Covid-19 ini berasal dari Wuhan, dengan kasus pertama diduga terjadi pada November 2019. Maka, fakta baru ini memunculkan pertanyaan baru. Covid-19 sesungguhnya berasal dari mana?

Ini semakin menarik. Bukan tidak mungkin, karena hebatnya sistem kesehatan di Cina, mereka menjadi yang pertama menyadari bahwa kasus pneumonia yang mereka hadapi adalah jenis penyakit baru. Dan karena itu, mereka menjadi kambing hitam atas masalah krisis kesehatan dunia saat ini.

Saya jadi teringat dengan kasus flu Spanyol. Orang awam mengira bahwa flu ini berasal dari Spanyol. Padahal aslinya dari Amerika Serikat. Tapi saya tidak berani berspekulasi bahwa Covid-19 berasal dari Amerika Serikat. Kalau anda punya teori atau hipotesis, mari kita diskusikan di kolom komentar.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas economagz.id.

Posts created 38

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas