Penyakit Cacar dan Akhir Dinasti Romanov yang Asli – Sejarah Rusia (25)

Kelahiran Peter II of Russia (Lukisan: Peter Schenk/Wikipedia)

Pasca kematian Alexei Petrovich, satu-satunya penerus laki-laki dari keturunan Peter the Great yang tersisa adalah cucu Peter yang bernama Peter II Alexeyevich. Namun Tsar Peter the Great sendiri selaku kakek tidak tertarik untuk mengasuhnya. Peter senior membenci Alexei dan bahkan juga membenci istri pertamanya sendiri, yang merupakan nenek Peter II.

Jadilah Peter II dan sang kakak Natalya yatim-piatu di usia yang masih sangat muda, yaitu tiga tahun dan empat tahun. Ibu mereka, Charlotte Christine of Brunswick-Lüneburg, meninggal saat Peter II baru berusia sepuluh hari.

Mereka berdua diasuh oleh keluarga penjahit dan penjual anggur. Beberapa waktu kemudian, mereka beralih diasuh oleh bangsawan Hungaria, Janos Zeikin.

Ketika Peter II berusia 10 tahun, Tsar Peter the Great meninggal. Istri Tsar, Catherine I, menjadi penerus takhta. Seorang Menteri yang berpengaruh saat itu, Aleksandr Danilovich Menshikov, mengganti guru Peter II menjadi Count Andrey Ivanovich Ostermann, Vice-Chancellor Rusia saat itu.

Catherine I hanya dua tahun memimpin Rusia. Pasca kematiannya, Peter II menjadi Tsar karena Catherine I tidak memiliki keturunan laki-laki dari Peter the Great. Saat naik takhta Peter II baru berusia 12 tahun.

Peter II berada dalam pengasuhan Menshikov. Meshinkov saat itu berhasil mengamankan pertunangan antara Peter II dengan putrinya, Maria Alexandrovna Menshikova. Namun, konon Meshinkov menjadi arogan. Hal ini membuat Peter II antipati terhadapnya.

Ketika Meshinkov jatuh sakit, pesaingnya mengambil kesempatan. Atas pengaruh Count Ostermann dan Klan Dolgorukov, Peter II melucuti status Meshinkov dan mengasingkannya ke Siberia. Tak hanya itu, ia juga membatalkan pertunangannya dengan Maria.

Pada tanggal 9 Januari 1728, Peter II ditahbiskan menjadi Tsar. Ada satu hal yang menjadi concern para bangsawan saat itu. Peter II tidak tertarik untuk mengurus negara. Ia hanya menghabiskan waktunya bersenang-senang. Konon, terjadi kekacauan di Rusia.

Pasca diasingkannya Meshinkov, Peter II menjadi dekat dengan Pangeran Aleksey Dolgorukov dan putranya Ivan. Peter II kemudian bertunangan dengan putri keluarga Dolgorukov, Ekaterina Alekseyevna Dolgorukova. Mereka direncanakan menikah Januari 1730.

Namun pernikahan itu tidak pernah terjadi. Peter II terserang cacar. Dolgorukov berupaya memperoleh tanda tangan Peter II untuk menunjuk Ekaterina menjadi penerus takhta. Tapi Dolgorukov tidak bisa memperoleh akses masuk ke ruangan Tsar. Tanggal 30 Januari 2020, hari yang seharusnya menjadi hari pernikahan Peter II dengan Ekaterina, justru menjadi hari kematian Peter II.

Kini, tak ada lagi yang bisa mewariskan marga Romanov di lingkaran takhta Rusia.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas economagz.id.

Posts created 36

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas