Pemerintahan Kurang Dari Dua Bulan: Dinasti Godunov di Rusia Berakhir Tragis — Sejarah Rusia 17




Lukisan yang Konon Menggambarkan Tsar Fyodor II (Sumber: WIkipedia, Pelukis Tidak Diketahui)

Boris Godunov, sang Tsar Rusia pertama dari luar trah Rurik, akhirnya meninggal pada tahun 1605 di usia 54 tahun. Sang anak, Fyodor Borisovich Godunov, naik takhta di usia 16 tahun. Usia yang masih sangat muda.

Fyodor II sudah dirancang oleh Boris untuk menjadi seorang Tsar. Semenjak kecil, Fyodor II sudah terbiasa dilibatkan dalam urusan pemerintahan. Ia rutin mengikuti dalam rapat-rapat parlemen dan menerima utusan asing. Fyodor II juga memperoleh pendidikan terbaik di Rusia kala itu. Selain itu, Fyodor II juga memiliki fisik yang sangat kuat.

Namun, Fyodor II memiliki dua kelemahan kala itu. Usianya masih terlalu muda dan dia bukan keturunan Rurik. Di usia sedini itu, Fyodor tentu belum memiliki jaringan kuat di kalangan boyar yang berusia jauh lebih tua. Yang lebih buruk, bukan tidak mungkin para boyar senior menganggap Fyodor II sebagai anak bawang. Hal ini diperparah dengan fakta bahwa Fyodor bukanlah seorang Rurik. Legitimasinya sebagai seorang Tsar dipertanyakan, sebagaimana sang ayah dulu.




Pada tanggal 11 Juni 1605, delegasi Dmitry I “palsu” (yang secara teknis seharusnya sudah tewas dibunuh oleh Boris — kita sebut I karena nantinya masih banyak yang mengaku sebagai Dmitry yang asli) tiba di Moskow. Delegasi ini menuntut Feodor II dicopot dari jabatannya, dan Dmitry I “Palsu” diangkat menjadi Tsar.

Memanfaatkan situasi ini, para boyar yang memang tidak mengakui Fyodor II mengambil alih pemerintahan dan menahan Fyodor II. Tak lama, Fyodor II dan ibunya dibunuh dengan cara dicekik di apartemen mereka. Mayat Fyodor II pun dipamerkan di depan umum.

Masa pemerintahan Fyodor II ini sangat singkat. Terlalu singkat. Tidak sampai berumur dua bulan. Gagal sudah upaya Boris Godunov untuk mendirikan dinasti Godunov di tanah Rusia.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas economagz.id.




Posts created 36

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas