Naiknya Klan Romanov Menjadi Tsar Rusia — Sejarah Rusia (23)

Mikhail Romanov Mendapat Tawaran Menjadi Tsar (Lukisan: Grigory Ugryumov/Wikipedia)

Klan Romanov naik daun di kancah perpolitikan Rusia ketika salah satu putri dari klan ini, Anastasia Zakharyina, menikah dengan Ivan the Terrible. Anastasia adalah istri pertama Tsar Ivan dan merupakan ibu dari Ivan Ivanovich dan Feodor Ivanovich, sang penerus takhta pasca kematian Ivan the Terrible.

Ketika Feodor menjadi Tsar, Klan Romanov dan Boris Godunov berebut pengaruh. Pasca kematian Feodor, Boris lah yang berhasil memenangkan pengaruh. Seluruh Klan Romanov diasingkan ke ujung utara Rusia dan kawasan Ural. Banyak yang mati kelaparan. Sang pemimpin klan, Feodor Nikitich Romanov, dipaksa menjadi seorang biarawan. Ia kini lebih dikenal dengan gelarnya, Filaret Romanov.

Ketika Boris Godunov meninggal dan dinastinya gagal bertahan, para penipu yang mengaku sebagai Dmitry Ivanovich (putra Ivan the Terrible yang kematiannya menjadi perdebatan) menggalang dukungan dari Klan Romanov. Klan Romanov adalah penantang utama Klan Godunov dan memiliki hubungan sepupu dengan Tsar Rusia yang terakhir, Tsar Feodor. Dukungan dari Klan Romanov dianggap memperkuat legitimasi mereka sebagai penguasa sah tanah Rusia.

Ketika para penipu yang mengaku sebagai Dmitry Ivanovich telah ditumpas dan pasukan Polandia berhasil diusir dari Moskow pada tahun 1612, Zemsky Sobor (Parlemen Rusia) menawarkan takhta Rusia pada sejumlah pangeran dari Klan Rurik dan Klan Gediminas. Semua menolak. Rusia saat itu terlalu rapuh. Kepala jadi taruhan pada siapa pun yang berani menduduki takhta.

Ketika akhirnya tawaran itu tiba untuk Mikhail Romanov, konon Mikhail menangis. Saat itu dirinya baru berusia 16 tahun. Ada yang mengisahkan bahwa sang ibu, Kseniya Ivanovna Shestova, adalah pihak yang berhasil membujuk Mikhail untuk menerima takhta tersebut. Inilah yang menjadi titik awal Dinasti Romanov menguasai takhta Rusia.

Untuk menghindari konflik di masa depan, Michael Romanov memerintahkan anak Dimitry Gadungan II yang baru berusia 3 tahun dihukum gantung. Sementara Marina Mniszech, sang ibu, dibunuh dengan cara dicekik di penjara.

Kini, Klan Romanov siap berkuasa di Rusia.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas economagz.id.

Posts created 38

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas