Mengapa Kita Tidak Perlu Buyback Indosat

Selama ini, sering sekali kita mendengar masyarakat meminta presiden untuk membeli kembali Indosat. Alasannya karena negara kita menggunakan satelit milik Indosat untuk berkomunikasi dan itu artinya ada risiko keamanan informasi, terutama rahasia negara kita, yang sewaktu-waktu bisa dicuri Singapura dengan mudahnya. Namun, menurut saya, kita tidak perlu beli kembali Indosat. Kenapa?

Kita harus fokus, kita butuh satelit atau butuh perusahaan Indosat? Kalau memang yang kita butuhkan adalah satelit, maka cukup beli satelit. Kalau kita membeli kembali Indosat, yang perlu kita beli bukan hanya satelitnya (yang umurnya juga sudah beberapa tahun), tapi juga present value of the expected future cash inflows dari perusahaan Indosat tersebut (ingat kembali tulisan sebelumnya tentang valuasi aset). Dan itu jelas tidak murah. Jadi, untuk apa beli Indosat. Beli saja satelit baru, yang harganya lebih murah daripada harga keseluruhan Indosat, dengan teknologi yang tentu lebih baru, dan masa pakai yang lebih lama.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas economagz.id.

Posts created 70

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas