Kisah Tragis Dibalik Penunjukan Vasily III sebagai Penerus Ivan III, Sang Grand Duke of Moscow – Sejarah Rusia (10)




Istana Facets, dibangun oleh Ivan III menggunakan jasa arsitek Italia (Foto: Gérard Janot, Wikipedia)

Ivan III membawa perubahan yang luar biasa dalam sejarah Rusia. Dia lah peletak pondasi Tsardom of Rusia sebagai Imperium Roma 3.0. Selain itu, Ivan juga berhasil menghentikan dominasi Golden Horde di tanah Rus. Pasca kematian Ivan III, Vasily III naik takhta. Namun, ada kisah memilukan dalam penunjukan Vasily sebagai sang suksesor.

Sebagaimana yang kita bahas sebelumnya, Ivan III awalnya menikah dengan Maria of Tver. Pasca kematian Maria, Ivan III kemudian mempersunting Sophia Paleologue yang merupakan keponakan Raja Byzantium terakhir.




Dalam pernikahannya dengan Maria, Ivan III memiliki anak bernama Ivan the Young. Ivan the Young adalah putra tertua Ivan III sekaligus sang calon penerus takhta Moskow. Namun, pada tahun 1490, Ivan the Young meninggal pada usia 32 tahun.

Ivan the Young memiliki seorang putra bernama Dmitry the Grandson yang juga berarti bahwa Dmitry merupakan cucu Ivan III. Pada tahun 1498, di usianya yang ke 15 tahun yang juga 8 tahun pasca kematian sang ayah, Dmitry dinobatkan sebagai calon pewaris takhta Moskow.




Namun, intrik politik di internal Moskow akhirnya mengakibatkan Dmitry kehilangan posisinya. Hanya empat tahun berselang, Ivan III membatalkan keputusannya dan memilih Vasily III, sang putra tertua dari pernikahannya dengan istri keduanya Sophia Paleologue, sebagai penerus takhta.

Tak cukup mencabut posisi Dmitry, Ivan III bahkan mengirim Dmitry dan dan sang ibu, Helen of Moldavia, ke penjara. Tujuh tahun berada di dalam penjara, Dmitry akhirnya meninggal dalam kondisi tidak menikah dan tidak memiliki keturunan. Sungguh malang nasib sang pewaris takhta sah Moskow.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas economagz.id.




Posts created 70

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas